Nilai Membentuk Karakter

dunia-sd.blogs - Satuan pendidikan sebenarnya jauh telah mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai pembentuk karakter melalui program operasional setiap satuan pendidikan. Ini merupakan prasyarat pendidikan karakter di satuan pendidikan ke depan pada saat ini diperkuat oleh nilai hasil studi empiris 18 Kurikulum Pusat. Nilai prasyarat (nilai-nilai yang ada) disebut, antara lain, kesalehan, bersih, rapi, nyaman, dan sopan.

Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter telah mengidentifikasi 18 nilai-nilai yang berasal dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:

  1. Jujur
  2. Toleransi
  3. Disiplin
  4. Kerja keras
  5. Kreatif
  6. Mandiri
  7. Demokratis
  8. Curiosity
  9. Semangat nasional
  10. Cinta Tanah Air
  11. Menghargai Prestasi
  12. Teman / Komunikatif
  13. Cinta damai
  14. Suka membaca
  15. Peduli lingkungan
  16. Kepedulian sosial
  17. Bertanggung jawab
  18. keagamaan

(Puskur Pengembangan dan Budaya Pendidikan & Karakter: Pedoman Sekolah 2009:. 9-10). Nilai-nilai dan deskripsi yang terkandung dalam Lampiran 1.)
Meskipun telah ada nilai 18 membentuk karakter bangsa, namun satuan pendidikan dapat menentukan prioritas pembangunan oleh nilai prasyarat diperkuat dengan beberapa nilai prioritas dari 18 nilai di atas terus. Dalam pelaksanaannya, jumlah dan jenis karakter yang dipilih tentu akan berbeda dari satu daerah atau sekolah dengan satu sama lain. Hal ini tergantung pada kepentingan dan kondisi masing-masing satuan pendidikan. Di antara berbagai nilai yang dikembangkan, pelaksanaannya dapat dimulai dari nilai penting, sederhana, dan mudah dilaksanakan sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah / wilayah, yaitu bersih, rapi, nyaman, disiplin, sopan dan santun .

0 comments:

Post a Comment

Kami menerima kritik dan saran yang membangun.... Silahkan berikan komentar untuk kemajuan blog ini.... terima kasih....

 

Tentang Saya

Anggi Faisal, S.Pd., Seorang guru SD yang ditugaskan di sebelah utara lereng gunung muria tepatnya SDN Gulangpongge 01 kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Belum memiliki prestasi yang membanggakan, tapi selalu bermimpi untuk meraih kesuksesan yang berbeda dari yang lainnya. Apakah itu? pantau terus di sini.)

Free CSS Template by CSSHeaven.org TNB

Welcome In Blogger dp-media

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!