dunia-sd.blogs - Kurikulum 2013 utk SD/MI memanfaatkan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I hingga kelas VI. Pembelajaran tematik integratif yakni pendekatan pembelajaran yg mengintegrasikan beraneka kompetensi dari bermacam mata pelajaran ke dalam beraneka ragam tema.
Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua aspek, yakni integrasi sikap, keterampilan & wawasan dalam proses pembelajaran & integrasi bermacam macam ide basicyg mengenai. Tema merajut makna beraneka ragam gagasan basic maka peserta didik tak menuntut ilmu gagasan basic dengan cara parsial. Bersama begitupembelajarannya memberikan makna yg utuh terhadap peserta didik seperti tercermin terhadap beragam tema yg sedia.
Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yg dipilih berkaitan dgn alam & kehidupan manusia. Utk kelas I, II, & III, keduanya yaitu pemberi makna yg substansialkepada mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya & Prakarya, pula Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Basic dari IPA & IPS yg diorganisasikan ke mata pelajaran lain mempunyai peran utama yang merupakan pengikat & pengembang Kompetensi Basic mata pelajaran yang lain.
Dari sisi pandang psikologis, peserta didik belum dapat berpikir abstrak utk mendalami konten mata pelajaran yg terpisah kecuali kelas IV, V, & VI telah sejak mulai bisaberpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan & Gestalt berikan basic yg kuat buat integrasi Kompetensi Basic yg diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Darisegi pandang transdisciplinarity sehingga pengotakan konten kurikulum dengan cara terpisah ketat tak memberikan keuntungan bagi kekuatan berpikir kemudian.
Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua aspek, yakni integrasi sikap, keterampilan & wawasan dalam proses pembelajaran & integrasi bermacam macam ide basicyg mengenai. Tema merajut makna beraneka ragam gagasan basic maka peserta didik tak menuntut ilmu gagasan basic dengan cara parsial. Bersama begitupembelajarannya memberikan makna yg utuh terhadap peserta didik seperti tercermin terhadap beragam tema yg sedia.
Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yg dipilih berkaitan dgn alam & kehidupan manusia. Utk kelas I, II, & III, keduanya yaitu pemberi makna yg substansialkepada mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya & Prakarya, pula Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Basic dari IPA & IPS yg diorganisasikan ke mata pelajaran lain mempunyai peran utama yang merupakan pengikat & pengembang Kompetensi Basic mata pelajaran yang lain.
Dari sisi pandang psikologis, peserta didik belum dapat berpikir abstrak utk mendalami konten mata pelajaran yg terpisah kecuali kelas IV, V, & VI telah sejak mulai bisaberpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan & Gestalt berikan basic yg kuat buat integrasi Kompetensi Basic yg diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Darisegi pandang transdisciplinarity sehingga pengotakan konten kurikulum dengan cara terpisah ketat tak memberikan keuntungan bagi kekuatan berpikir kemudian.
Berikut ini penulis share RPP dan Silabus SD Kurikulum 2013 yang di dapat dari kkgjaro.blogspot.com (gunakan password "kkgjaro.blogspot.com" untuk membuka file yang di protect)
Download RPP Kurikulum 2013
0 comments:
Post a Comment
Kami menerima kritik dan saran yang membangun.... Silahkan berikan komentar untuk kemajuan blog ini.... terima kasih....