CARA MENJAWAB PERTANYAAN SISWA SD TENTANG SEX

dunia-sd.blogsSaat anak sudah masuk sekolah (SD) , pada jenjang kelas 1 ia sudah mulai diajari mengenali bagian-bagian tubuhnya serta diberikan pengetahuan bahwa ada  perbedaan antara anatomi tubuhnya dengan orang lain yang berlawanan jenis. Daripada guru/orangtua sibuk menghindar atau memberikan jawaban yang “aman” tapi kurang tepat ketika mereka bertanya, sebaiknya bekali diri Anda dengan jawaban yang benar. Maka anda sebagai guru/orangtua telah membantu perkembangan anak yang berhubungan dengan masalah seksualitas. Berikut jawaban-jawaban yang dapat membantu Anda.


Kenapa cewek kok tidak punya penis?
Sebagai guru/ orangtua, anda dapat mengatakan kepada siswa/anak bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu itu berpasangan, ada siang dan malam, ada kanan dan kiri, begitu juga manusia , ada laki-laki dan ada perempuan. Dan untuk membedakannya, Tuhan pun memberikan ciri yang berbeda. Penis untuk laki-laki dan vagina untuk perempuan. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan kata  “burung” untuk menyebut penis. Meskipun niatnya ingin memperhalus makna, tetapi hal ini bisa membuat anak merasa bingung dalam memaknai istilah.  

Mengapa dada Ibu kok besar? Punyaku kok kecil? 
Jelaskan pada siswa/anak apa fungsi payudara dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Jelaskan bahwa dia juga mengonsumsi ASI ketika bayi dulu dan payudara ini bisa menghasilkan air susu lagi saat nanti dia punya adik. Semua ini dilakukan agar bayi dapat tumbuh besar, seperti dia sekarang. Namun, itu hanya tugas Ibu, bukan Ayah, sehingga payudara ayah tidak besar seperti payudara ibu. 

Mengapa ada yang buang air kecil (BAK) jongkok dan ada yang berdiri?
Jelaskan pada anak, karena anak laki-laki dan perempuan mempunyai ciri yang berbeda, yaitu penis dan vagina, maka cara untuk BAK-nya pun juga berbeda. Anak perempuan BAK sambil jongkok agar air seninya tidak menyebar ke mana-mana. Namun, jika anak perempuan Anda ingin mencoba BAK sambil berdiri, atau sebaliknya anak laki-laki Anda ingin mencoba BAK sambil jongkok, jangan dilarang. Biarkan dia mencoba dan bereksplorasi. Dia pasti tidak akan merasa nyaman dengan sendirinya. tetapi, sebaiknya anak laki-laki juga BAK sambil jongkok.

Kenapa penisku berdiri?
Umumnya penis berdiri pada pagi hari. Tanyakan padanya, kapan biasanya penisnya berdiri. Jika dia menjawab di pagi hari, Anda pun bisa mengatakan bahwa sama seperti anak bangun tidur di pagi hari, penis juga bisa “bangun”. Beritahu juga bahwa selain di pagi hari, penis juga akan berdiri saat akan buang air kecil. Namun anak tidak perlu merasa khawatir, karena penisnya akan kembali normal.


Demikian cara menjawab pertanyaan anak tentang sex. Biarkan saja siswa/anak memiliki pemahaman tentang seksualitas, sesuai dengan persepsi dia. Anda tinggal mengikuti atau mengembangkan konsep yang sudah dipahami anak.  

Sumber:
http://m.tabloidnova.com/layout/set/print/Nova/Keluarga/Anak/Cara-Bijak-Menjawab-Pertanyaan-Seputar-Seks

0 comments:

Post a Comment

Kami menerima kritik dan saran yang membangun.... Silahkan berikan komentar untuk kemajuan blog ini.... terima kasih....

 

About You!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras id arcu nulla. Donec eu risus nisl, id cursus justo. Proin non mauris enim, eu suscipit libero. Fusce eget nunc nibh. Integer elementum consectetur sagittis. Quisque adipiscing auctor risus, id vulputate eros auctor vel. Vivamus pellentesque arcu vel libero eleifend sed aliquam

Free CSS Template by CSSHeaven.org TNB

Welcome In Blogger dp-media

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!